Thursday 18 December 2014

Apa Itu Alpha, Beta, RC, Final Version?


Terkadang pasti penasaran apa embel-embel tulisan Alpha Version, Beta Version dalam suatu software. Salah satu contohnya yaitu; Chrome Beta, Opera Beta, dsb. Disini saya akan membahas 'Apa itu Beta Version' dan apa versi lain dari software.

Sebelum memasuki pembahasan, ada beberapa tahap dalam perilisan software untuk mencapai Final Version atau Versi Sempurna dalam setiap software. Tahap ini adalah; Alpha Version - Beta Version - Release Candidate Version (RC) - Final Version. Berikut adalah tahap-tahap perilisan software.

Alpha Version
Seperti sebuah produk pabrikan maupun rumahan, pasti ada testernya atau pencobanya sebelum di edarkan ke konsumen. Setelah pembuatan software, akan di tes oleh tim penguji tetapi bukan oleh pembuatnya/pemrogram dan yang mengetes juga masih dalam lingkup pembuatnya. Tim penguji akan memberikan informasi kepada pembuat atas kesalahan-kesalahan software. Maka dari itu, versi ini tidak di publikasikan karena masih tahap awal dan terdapat banyak kesalahan.

Beta Version
Ini adalah tahap kedua setelah software dirasa layak untuk di publikasikan karena telah diperbaiki beberapa kesalahannya walaupun memang cukup sedikit. Beta Version dirilis untuk dapat mengetahui kesalahan-kesalah lanjut dengan cara para user memberi feedback kepada pembuat agar dapat diperbaiki lagi. Kesimpulannya yaitu, versi ini masih belum stabil dan perlu dibenahi lagi oleh pembuat dengan cara kita sebagai user memberi masukan kepada pembuat entah melalui e-mail atau langsung memberi komentar di website pembuat.

Release Candidate (RC)
Versi ini memang jarang ditemukan, karena di versi ini software sudah dinyatakan stabil dan siap untuk di publikasikan dengan kata lain versi ini adalah cerminan dari Final Version. Walaupun cerminan dari versi penuh, tetapi di versi ini tetap ada kesalahan-kesalahan karena perbaikan dalam versi ini hanya sebagian kecil atau bersifat minor.

Final Version
Seperti namanya, ini adalah versi final dalam suatu software. Sudah terdapat banyak perbaikan dan dapat digunakan oleh orang secara luas. Versi terakhir ini biasanya terdapat embel-embel angka dibelakangnya, contohnya adalah Opera Mini 1.01, IDM 3.50. Didalam versi ini akan terjadi penambahan fitur-fitur baru dalam jangka waktu tertentu dan angka di belakang namanya akan berganti seperti dari 1.01 menjadi 1.02 dst.

Rekomendasi dari saya gunakan software yang Final Version walaupun ada software yang bertuliskan Beta dengan ukuran yang lebih kecil, karena Beta Version dapat memperlambat kinerja komputer dikarenakan masih terdapat banyak kesalahan dalam software itu. Jangan lupa sertakan komentar :)

No comments:

Post a Comment