Sunday 16 November 2014

[TIPS] Meningkatkan Performa Gaming Komputer

Apakah komputer anda sering ngadat/lag saat bermain game?
Menurut pengalaman saya bermain game dan merakit komputer, saya menemukan beberapa cara untuk mengangkat performa gaming komputer anda, yaitu:

  • VGA

    - Ini yang paling utama untuk bermain game, cek VGA anda apakah kuat untuk bermain game yang anda inginkan dengan melihat requirements system nya. Jika VGA anda termasuk Low-End, anda harus susah payah untuk menurunkan settingan grafik pada game atau merubah settingan pada driver VGA anda ke settingan low agar dapat memainkan game tersebut. Jika anda menginginkan performa dan kualitas yang lebih, ganti VGA anda ketingkat yang lebih tinggi ke tingkat Mid-End atau High-End.

  • DEFRAGMENT
    - Sangat penting untuk selalu mendefrag komputer anda, karena setiap hari anda menggunakan komputer akan menghasilkan junk file atau file sampah yang tidak berguna masih berjalan di system anda. Jika terlalu banyak junk file, maka ini akan menghambat proses bermain game anda dan sewaktu-waktu akan terjadi lag.

  • GAME BOOSTER
    - Walaupun berfungsi hanya beberapa persen, tetapi ini juga kadang dibutuhkan saat bermain game. Ini sangat berfungsi untuk para Enthusiast Gamer, karena menghindarkan sedikit lag pada saat tertentu. Untuk para Casual Gamer, ini tidak ber efek banyak tetapi juga perlu untuk digunakan.

  • HAPUS FILE TIDAK PERLU
    - Banyak para user menyimpan file berukuran besar tetapi jarang digunakan, maka hapuslah segera. Ini juga dapat membuat memori menjadi penuh dan mengakibatkan terjadi lag pada game walaupun tidak sering.

  • SELALU UPDATE DRIVER VGA
    - Sangat penting untuk selalu meng-update driver anda, karena driver sangat berpengaruh saat bermain game. Karena vendor dari VGA yang anda pakai selalu memperbaiki/meningkatkan performa mereka.

  • OVERCLOCK VGA

    - Para advance gamers akan Overclock VGA mereka, karena Overclock dapat membuat performa VGA dengan maksimal. Namun, hati-hati dalam overclocking, jika saat benchmark layar sudah patah-patah atau lag bahkan mati. Jangan lanjutkan overclocking, kembalikan saat terakhir overclocking itu tandanya VGA anda telah mencapai maksimal dan jika sudah overclocking batasi bermain game anda karena overclocking menyebabkan VGA cepat panas.
Itu adalah tips untuk meningkatkan performa Gaming Komputer anda menurut pengalaman saya, jangan lupa "Correct Me If Im Wrong" pada kolom komentar! :)

4 comments:

  1. percuma gan pakai game booster, kalo ujung ujungnya makan ram juga :v

    http://qhanzs.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang ada game yg efektif banget pake game booster ada juga yg malah ngelag karena pake game booster, tapi fungsi bgt buat Enthusiast Gamer yg ram nya bejibun banyaknya :D

      Delete
  2. Gan caranya nahan napsu biar ga fap fap gimana...

    ReplyDelete